Tuesday, January 24, 2012

SOPA dan PIPA

Belakangan ini, tidak asing bagi kita dengan SOPA(Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act). Apa itu SOPA dan PIPA? SOPA dan PIPA adalah rancangan undang-undang yang di ajukan oleh pejabat tinggi dan senator di Amerika yang dimana bertujuan untuk melindungi hak cipta dari video, lagu, software yang belakangan-belakangan ini marak terkena pembajakan. 

Dampaknya jika RUU tersebut di sahkan adalah banyak blog dan situs yang blokir, situs-situs jejaring sosial akan mengalami banyak masalah karena semakin ketatnya penyaringan dan sensor konten-konten yang ada, serta inovasi dan perkembangan teknologi melambat karena harus memenuhi SOPA dan PIPA, ya ujung-ujungnya kesulitan dalam mengakses informasi. Kabar-kabarnya jika RUU itu disahkan, situs yang pertama kali akan di blokir adalah Youtube.
Wikipedia Blackout
Pada tanggal 18 Januari 2012, situs besar seperti Wikipedia (en.wikipedia.org) melakukan blackout terhadap situsnya sebagai wujud protes terhadap rancangan undang-undang tersebut. Hal tersebut mendapat dukungan juga dari beberapa situs besar, seperti Reddit(www.reddit.com), Wordpress(www.wordpress.com), Facebook(www.facebook.com), Twitter(www.twitter.com), Mozilla(www.mozilla.com), dan lain-lain. Wordpress juga melakukan hal yang sama seperti Wikipedia dengan mengblackoutkan situsnya dan di Twitter masalah tersebut menjadi Trending Topic (Imagine a World Without Free Knowledge) dimana hal tersebut digencar-gencarkan oleh Jimmy Wales selaku pendiri dari situs Wikipedia. Selain itu masyarakat dunia, juga dapat memberikan suaranya di American Sensorship (www.americansensorship.org) berupa dukungan penolakan atas SOPA dan PIPA. Berbagai bentuk protes tersebut membuahkan hasil, RUU mengenai SOPA dan PIPA ditunda. Tetapi anehnya, walaupun RUU mengenai SOPA dan PIPA ditunda, situs file sharing seperti Megaupload resmi di tutup karena menjadi tempat pembajakan besar-besaran terhadap video dan musik.



 
Copyright (c) 2012 Alamku Rumahku - SMA Santo Paulus Pontianak and Powered by Blogger.