Wednesday, November 2, 2011

Menulusuri Kuburaya dari Sungai Raya sampai Sungai Kakap

Hutan Mangrove Kuala Karang
(source : www.borneoclimatechange.org)

Potensi alam di Kuburaya sangat banyak terutama potensi alam di bidang parawisata atau singkatnya adalah potensi wisata. Lahan yang ada di kabupaten kuburaya, dapat dimanfaatkan menjadi tempat wisata yang ada di wilayah Bogor, yaitu Taman Mekarsari. Hal demikian dapat mesukseskan Visit Kalbar yang akan datang untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat terutama.

Di Kuburaya terdapat tempat wisata alam yang menarik, seperti Hutan Mangrove Kuala Karang yang terdapat pada Teluk Pakedai. Hutan Mangrove itu sendiri adalah hutan yang tumbuh diatas muara sungai dan Hutan Mangrove juga merupakan daerah yang terkena pasang surut air laut. Hutan Mangrove dapat memberikan informasi-informasi tentang flora dan fauna. Hal demikian dapat menjadi media pembelajaran untuk para pelajar yang sedang menuntut ilmu agar dapat mengetahui tentang sekitarnya.

Selain hutan Mangrove Kuala Karang, terdapat juga potensi alam di Sungai Kakap, walaupun potensinya lebih kepada potensi penangkapan ikan. Potensi alam yang ada di Sungai Kakap itu berupa Hutan Mangrove. Sungai Kakap itu sendiri terletak diantara Muara Sungai Kakap dan Sungai Kapuas. Oleh karena itu, Sungai Kakap menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal besar. Hal demikian sangat menguntungkan, karena dapat menarik orang-orang yang berlabuh disana untuk lebih mengenal Sungai Kakap.

Sungai Kapuas
(Source : doc pribadi)
Sebagai masyarakat Pontianak, tentunya tidak lupa dengan Sungai Kapuas. Sungai Kapuas merupakan sungai dikota Pontianak, namun juga terhubung dengan kabupaten Kuburaya. Sungai ini memiliki panjang 1143 meter dan didalamnya terdapat 300 jenis ikan. Pada saat, masyarakat melintasi sungai ini dengan menggunakan transportasi air, mereka dapat melihat keindahan sungai dikiri-kanan sungai, seperti rumah panggung dan pada even-even tertentu disungai ini diadakan Festival Meriam Karbit. Hal ini juga dapat menarik wisatawan luar dan dalam negeri untuk berkunjung.


Sebagai kaum muda, kami mengharapkan kepada pemerintah dan masyarakat yang ada di Kalimantan Barat untuk lebih membangun potensi-potensi yang ada di sungai Kapuas dengan melihat tata kelola sungai agar dapat menjadi sungai yang bersih, berwawasan lingkungan dan bisa menjadi aset Kalimantan Barat yang luar biasa.
SELAMATKAN SUNGAI KAPUS! KAPAN LAGI, KALAU BUKAN MULAI DARI SEKARANG.!!

(Writer : Angela Melinda, Tim Blogger SMA Santo Paulus Pontianak)


 
Copyright (c) 2012 Alamku Rumahku - SMA Santo Paulus Pontianak and Powered by Blogger.