Tuesday, November 15, 2011

Teknologi Layar Hemat Energi

Global Warming
(Source : www.langitselatan.com)
Seiring berkembangnya zaman dari waktu ke waktu membuat perubahan begitu besar bagi dunia yang meninggalkan dampak yang besar tidak hanya pada sumber daya manusianya tetapi juga membawa dampak yang besar pada lingkungan dan bumi yang dimana merupakan tempat kita tinggal. Salah satu isu internasional sejak beberapa puluhan tahun lalu yang menjadi fokus utama dari negara-negara yang ada di seluruh dunia adalah pemanasan global (global warming).


Global warming menurut situs  Wikipedia (http://id.wikipedia.org) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Global warming dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, salah satunya seperti meningkatnya emisi gas karbon atau lebih dikenal dengan nama efek rumah kaca serta menipisnya lapisan ozon.

Bumi dapat memproduksi gas karbon secara alamiah dengan kadar yang rendah. Tetapi, saat ini gas karbon yang di hasilkan sangat berlebihan yang mengakibatkan energi matahari yang tidak dimanfaatkan oleh bumi tersimpan di permukaan bumi. Karena pada dasarnya, gas karbon memiliki sifat alami untuk menahan energy yang melewatinya. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

Selain karena produksi gas karbon yang melebihi ambang batas, bocornya lapisan ozon sungguh membahayakan bagi umat manusia dimana nantinya sinar matahari akan langsung terpancarkan kebumi tanpa adanya lapisan ozon itu yang kita tahu sinar tersebut adalah radiasi ultraviolet. Hal tersebut dapat memacu timbulnya penyakit yang berbahaya, yang bernama kanker kulit.

AMOLED
(Source : en.wikipedia.com)
Berbagai cara telah dilakukan oleh beberapa pihak untuk mengurangi efek dari global warming itu. Salah satunya beberapa perusahaan yang bergerak dalam pembuatan inovasi tentang teknologi yang ramah lingkungan. Belakangan ini tidak asing bagi dunia teknologi gadget, mengenai AMOLED. AMOLED merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light-Emitting Diode. AMOLED adalah teknologi layar yang digunakan untuk smartphone dan televise era ini serta media player dan dan kamera digital. AMOLED sendiri adalah perkembangan dari teknologi OLED dan TFT LCD konvensional.

Teknologi ini tentunya lebih hemat energy, ringan, murah, cepat serta dapat di aplikasikan ke layar yang lebih besar (Misalnya : 40 inch). Layarnya juga lebih tipis karena layarnya tidak memerlukan layer untuk menghasilkan cahaya. Dan perkembangan dari layar AMOLED itu sendiri adalah Super AMOLED, dimana lebih hemat listrik 20% dari layar AMOLED, teks/gambar pada layar Super AMOLED dapat dibaca dibawah sinar matahari langsung dan mengurangi 80% refleksi cahaya, 20% lebih cerah dan lebih tipis.

Selain perkembangan layar, banyak lagi teknologi-teknologi yang dibuat menjadi barang yang berteknologi hemat energy. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi juga membuat suatu trobosan dengan mendaur ulang produk lamanya, seperti pada casing laptop ataupun handphone zaman sekarang.
   
 
Copyright (c) 2012 Alamku Rumahku - SMA Santo Paulus Pontianak and Powered by Blogger.