Saturday, November 12, 2011

Penerapan IT Di Era Globalisasi


(Source : images.google.com)

     Information Technology (IT) merupakan suatu kata yang tidak asing bagi kita untuk di zaman era globalisasi ini. Dengan IT, kita mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan serta mudah melakukan komunikasi dengan cepat. Perkembangan IT semakin hari semakin maju dan perkembangannya sangat cepat sehingga banyak sekali teknologi-teknologi baru yang dapat mempermudah semua kegiatan manusia.   menjadi lebih cepat, tepat dan akurat. Information Technology atau Teknologi Informasi itu sendiri menurut Puskur Diknas Indonesia adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, tepat waktu, akurat dan merupakan informasi yang tepat dalam pengambilan keputusan.


       Penerapan IT pada bidang-bidang tertentu sudah dapat kita lihat dan kita rasakan. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kepulauan. Dengan IT semua dapat  di persatukan. Seperti penerapan IT pada dunia Pendidikan dapat menjadi saluran atau sarana yang sangat cocok karena pemanfaatannya dapat  menjamin kualitas pendidikan di Indonesia dimana juga pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, sebab pendidikan merupakan suatu sarana meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia serta dapat mendukung proses pemerataan dan mengurangi kesenjangan antar daerah.


Penggunaan Teknologi pada Bid. Pendidikan
(Source : dok. pribadi)
       Informasi yang dapat diketahui dengan internet dapat menjadi media utama dalam dunia pendidikan dimana internet sangat memudahkan dalam hal pencarian informasi-informasi yang dibutuhkan dengan mudah, seperti melalui forum, chat, atau millis. Penerapan IT mengakibatkan proses pembelajaran seharusnya tidak 100% bergantung kepada guru lagi melainkan lebih banyak terpusat kepada siswa (student-centered learning) dan guru hanya menjadi fasilitator saja. Hal tersebut sangat mendukung kurikulum pendidikan Indonesia, yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

       Proyek-proyek telah dipersiapkan demi lancarnya pengembangan IT dalam dunia pendidikan, salah satu developernya adalah Telkom yang belakangan ini gencar-gencarnya memanfaatkan teknologi ISDN (Integrated Service Digital Network) dimana Telkom menjadi fasilitator dalam pembelajaran jarak jauh. Dan Telkom juga menyediakan Siap WEB Sekolah untuk sekolah-sekolah di Indonesia dimana terdapat beberapa manfaat seperti, akses informasi dan komunikasi online yang mudah dan cepat. Berbagai situs internet yang menyajikan informasi tentang perkembangan dunia pendidikan telah hadir di Indonesia, seperti www.pendidikan.net ataupun www.e-dukasi.net

Web sebagai Sarana Interaksi
(Source : dok pribadi)
     Di SMA Santo Paulus Pontianak proses pengembangan IT dalam dunia pendidikan sedang dalam pengembangan. Penyediaan dua buah laboratorium komputer dimana bisa menampung 45 orang untuk 1 laboratoriumnya dan didukung oleh peralatan-peralatan komputer yang berfungsi baik dan tersedia jaringan internet dan jaringan area local (LAN). Selain itu, adanya website sekolah yang bermanfaat sebagai media interaksi sekolah dengan dunia luar. Di beberapa ruang kelas juga telah di pasangkan proyektor demi memudahkan proses pembelajaran. Tersedia wifi juga untuk memudahkan akses ke internet dalam hal pencarian pengetahuan dan Informasi. Pengumpulan tugas juga memanfaatkan beberapa peralatan penyimpan, seperti flashdisk ataupun CD.

Electronic KTP
(Source : e-ktp.com)
        Selain penerapan IT pada bidang pendidikan, penerapan IT pada bidang pemerintahan(e-gorvenment) juga dapat kita lihat karena sekarang sedang gencar-gencarnya pemerintah memanfaatkan IT pada dunia pemerintahan seperti pada pembuatan e-KTP, jaringan pemantauan lalu lintas, penyimpanan data elektronik pemerintah, pengelolahan statistic, penghitungan suara pada pemilu dan data penduduk dan lain-lain. Tentunya penerapan IT pada bidang pemerintahan sangat membantu pemerintah dan masyarakat dimana lebih efisien dan pemberian informasi kepada masyarakat lebih mudah diketahui. Tapi penerapan secara nyata masih terdapat kekurangan dalam hal pendukungan alat misalnya dalam pembuatan e-KTP karena biaya yang tidak sedikit untuk pengadaannya. Bahkan di beberapa daerah masih belum maksimal dalam mengelola e-KTP seperti di Kalimantan Barat. Dengan medan pedalaman yang masih terkendala sarana prasarana misalnya pembangkit listrik yang tidak memadai bahkan tidak ada listrik tentu memberikan permasalahan sendiri dalam penerapan IT tersebut.

     Penerapan IT dalam dunia bisnis(e-business) juga dapat memberikan kesempatan yang baik untuk bisnis dalam negeri dan luar negeri. Hilangnya batasan ruang dan waktu dengan adanya Internet membuka peluang baru untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh.  Seorang pekerja dapat melakukan pekerjaannya dari rumah tanpa perlu pusing dengan masalah lalulintas. Kesemua hal di atas menunjukkan adanya peluang-peluang baru di dalam bisnis dengan adanya IT dan Internet. Pada perbankan(e-banking atau mobile banking) juga memudahkan para nasabahnya mengakses dan melakukan transaksi lebih cepat serta aman.

     Penerapan IT tidak hanya pada dunia pendidikan, pemerintahan, bisnis dan perbankan tapi ada juga pada dunia kesehatan, pertanian dan sebagainya. Namun ada beberapa kendala yang menyebabkan penerapan IT dan internet di Indonesia belum dapat diterapkan secara maksimal. Salah satunya adalah biaya penggunaan jasa telekomunikasi yang mahal bahkan jaringan telepon masih belum tersedia di berbagai tempat di Indonesia ataupun jaringan telepon yang memiliki jaringan yang masih belum baik. Harapan semua pihak adalah semua masalah IT dapat diatasi sejalan dengan perkembangan telekomunikasi yang semakin canggih. Dan kita sebagai warga Indonesia harus juga siap siaga dengan dampak negatif yang akan timbul serta harus lebih bijak dan bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi. 

Computing Cup 2011
(Source : www.computingcup.ittelkom.ac.id)
     Melalui Computing Cup 2011 ini, diharapkan agar Computing Cup 2011 dapat memacu para pihak pada bidang tertentu untuk lebih mengembangkan penggunaan dalam bidang IT ini. Karena perkembangan dunia yang sangat berkembang cepat, sehingga menuntut segalanya lebih efisien untuk dapat menembus ruang dan waktu.


(Writer : Angela Melinda, SMA Santo Paulus Pontianak)

 
Copyright (c) 2012 Alamku Rumahku - SMA Santo Paulus Pontianak and Powered by Blogger.