Thursday, November 3, 2011

Pro Kontra Sawit Borneo

Perkebunan Sawit Kalimantan
(Source: radiodermaga.blogspot.com )


Bagi para pengusaha di bidang perkebunan, yang paling menguntungkan adalah pembudidayaan Kelapa Sawit. Banyak manfaat yang didapatkan dari perkebunan Kelapa Sawit di bidang industry Makanan dan Industri Kimia. Contoh pemanfaatan Minyak Kelapa Sawit KalBar pada Industri Makanan misalnya pada pembuatan Mentega, Coklat (Batangan), Es Krim, Minyak Goreng, Obat – Obatan, Kosmetik, Shampo, Lotion. Sedangkan Pemanfaatan Minyak Kelapa Sawit pada Industri Kimia adalah dalam pembuatan detergen, sabun, minyak. Sisa dari Industri Minyak ini dapat di manfaatkan untuk pembuatan dan pengolahan Bahan Bakar Broiler, Semir Furnitur, Bahan Anggur (Wine).Tentu saja produk – produk di atas bukanlah yang utama semua.


Produk utamanya adalah Margarin, Detergen, Sabun, Mie Instan. Selain minyaknya yang dapat dimanfaatkan, ternyata Ampas Tenden Kelapa Sawit juga dapat dibuat menjadi Pupuk Kalium dan Pupuk Organik. Untuk Membuat Pupuk Organik Kita Perlu Mem-fermentasikan pupuk Kalium terlebih dahulu. Pelepah dari pohon ini juga mengandung Vitamin E.Selama 20 tahun ini nilai jual minyak Sawit ini naik 7,3% pertahun. Dan Minyak Sawit Indonesia ini mendapat kontribusi dari 80% dari produksi dunia.


Namun, perlu kita ingat, akan efek dari penanaman sawit yang besar-besaran. Sebaiknya penanaman Sawit ini diimbangi oleh penanaman pohon-pohon yang dapat melawan efek buruk dari pohon Sawit itu sendiri. Memang ini merupakan masalah yang sangat pro dan kontra, sebagai insan muda, kami hanya berharap kepada pemerintah dan kepada pengusaha-pengusaha di bidang ini untuk mengingat akan kehidupan sekitarnya. Jangan terlalu serakah akan kekayaan duniawi, karena kekayaan duniawi adalah kekayaan sementara saja dan perlu kita ingat akan kekayan surgawi yang bersifat kekal.


 
Copyright (c) 2012 Alamku Rumahku - SMA Santo Paulus Pontianak and Powered by Blogger.