Thursday, November 3, 2011

Tempat Pariwisata Alam di Kalimantan Barat


Kalimantan Barat memiliki potensi alam di bidang pariwisata atau wisata alam yang luar biasa sehingga membuat turis domestik maupun mancanegara tertarik untuk berkunjung kepulau Kalimantan khususnya Kalimantan Barat

Dibeberapa kabupaten yang ada di Kalimantan Barat memiliki potensi wisata alam tersebut. Berikut beberapa tempat yang dapat dikunjungi di Kalimantan Barat :
Hutan Mangrove Kuala Karang
(source : borneoclimatechange.org)
Danau Sentarum
(source : wisatanesia.com)
Sungai Kapuas
(source : doc pribadi)
Rindu Alam
(source : doc pribadi)
Singka Island Beach
(source : doc pribadi)
Bukit Kelam
(source : www.himpalaunas.com)
  1. Hutan Mangrove Kuala Karang, merupakan tempat wisata alam yang menarik karena dapat memberikan informasi tentang fauna dan flora yang ada serta dapat dijadikan tempat wisata yang mendidik untuk para pelajar. Hutan Mangrove Kuala Karang ini terletak di Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya.            
  2. Danau Sentarum, merupakan tempat wisata yang ada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau ini dijuluki dengan nama danau tadah hujan dikarenakan air yang ada di dalam danau tersebut bisa terbentuk dari hujan didaerah hulu, seperti lanjak. Disekitar sana terdapat benua Martinus dan Pegunungan Swanner. Banyak flora dan fauna yang tumbuh, seperti Menungau, Putat dan Ransa untuk floranya dan Orang Utan, Bekantan dan Buaya Muara untuk faunanya. Jika anda datang ke Danau Sentarum, jangan lupa untuk membeli makanan khas kabupaten Kapuas Hulu, yaitu Kerupuk Basa dan Ikan Asin Toman untuk di jadikan ole-oleh.
  3. Sungai Kapuas, merupakan salah satu tempat parawisata yang ada di kota Pontianak dan juga terhubung dengan kabupaten Kuburaya. Sungai ini memiliki panjang 1143 m dan didalamnya terdapat 300 jenis spesies ikan. Namun, karena seiring berkembangnya zaman dan mentalitas manusia yang tidak baik sehingga sungai ini menjadi tercemar oleh kuman-kuman, bahan kimia dan Vitamin T. Walaupun demikian, sungai tersebut tetap ramai karena ini lah urat nadi masyarakat di kota Pontianak khususnya.
  4. Rindu Alam, merupakan salah satu tempat di daerah kota Singkawang yang menghadirkan eksotisme alamnya yang luar biasa. Disana kita dapat melihat pemandang pantai-pantai yang ada di kota Singkawang.
  5. Singka Island Beach, merupakan salah satu pantai di Kota Singkawang yang dapat menghadirkan eksotisme alam yang luar biasa. Tertarik dan Penasaran?! Mari berkunjung ke Singka Island Beach yang dapat dijangkau langsung dari Kalimantan Barat
  6. Bukit Kelam, merupakan bukit yang terletak di Kelam Permai, kabupaten Sintang ini terapit oleh sungai Melawi dan sungai Kapuas. Disitu terdapat sumber air yang biasa dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk keperluan MCK. Disana terdapat tumbuhan langkah yang biasa mereka gunakan untuk menanak nasi tapi rasanya muantap enak. Ya! Itu adalah Kantong Semar. Telah disediakan bumi permekahan untuk mereka yang tertarik untuk berkemah.
(Writer : Angela Melinda, Tim Blogger SMA Santo Paulus Pontianak)

 
Copyright (c) 2012 Alamku Rumahku - SMA Santo Paulus Pontianak and Powered by Blogger.