Thursday, November 10, 2011

Akhirnya!! Pohon Ada Tanda Pengenalnya


Pohon Tanjung di Jalan Ahmad Yani
(Source : dok. pribadi)

Beberapa minggu yang lalu, tidak heran ada sesuatu yang menjanggal jika melewati Jl. Ahmad Yani. Kenapa?? Perhatikan sesuatu hal yang bergantungan di pohon-pohon yang ada di jalan tersebut. Sangat mencuri perhatian orang yang lewat, walaupun benda tersebut tidak sebesar baliho-baliho di tengah jalan. Hal tersebut adalah sebuah papan persegi panjang yang bertuliskan nama-nama dari pohon yang ada di jalan-jalan tersebut. Dan menurut saya, itu berasal dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemerintah Kota Pontianak.

Saya sendiri sebagai penulis artikel ini, merasa senang bercampur aduk menjadi satu karena saya pikir pemerintah tidak peduli dengan hal demikian. Walaupun beberapa saat sempat berpikir, ya, itu hanya untuk jalan-jalan besar saja, dimana jalan tersebut merupakan jalan yang biasanya dilewati oleh pejabat-pejabat negara ataupun tamu. Namun hal tersebut terbantahkan, karena beberapa hari yang lalu, saya melihat di jalan tol antara jembatan Kapuas dan jembatan Landak sudah di pasang hal demikian dan begitu juga di sepanjang Jalan Gusti Situt Machmud (siantan).

Pohon Palem di Jalan Ahmad Yani
(Source : dok. pribadi)
Pengantungan papan tersebut, juga dapat membantu pelajar-pelajar yang sebelumnya tidak tahu nama pohon tersebut, menjadi tahu nama pohon tersebut. Pohon tersebut di tanam untuk menyerap polusi-polusi dari kendaraan-kendaraan yang ada di Pontianak, yang kita tahu sendiri sekarang pertumbuhan pemakaian kendaraan juga meningkat. Dan selain itu, akar dari pohon tersebut dapat menyerap air, berpikirlah kalau banjir?

Dengan demikian, sebagi kaum muda beharap kepada pemerintah dan masyarakat di Kalimantan Barat khusunya Pontianak untuk tetap menjaga pohon-pohon tersebut dan bukan untuk di tebang. Karena pohon tersebut sudah sengaja di tanaman oleh pemerintah dan kita sebagai masyarakat hendaknya menjaga bukan merusak atau pun di tebang. Mengingat juga kalau pohon yang di jalan menuju ke siantan itu, sudah tua umur pohonnya. Tidak kah sayang, pohon yang sudah lama tumbuh, di tebang begitu saja, demi karena keperluan dari pihak-pihak tertentu?

Pohon di sekitar jalan Ahmad Yani Pontianak
(Source : dok. pribadi)


 
Copyright (c) 2012 Alamku Rumahku - SMA Santo Paulus Pontianak and Powered by Blogger.